Kursus Intensif TOEFL dan IELTS Gratis

Suasana Kursus Intensif TOEFL dan IELTS Free
Ya Allah. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Tidak ada kata pengawal lain selain sebentuk rasa syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat kepada saya utamanya selama sembilan belas hari belakangan ini sehingga saya bisa menjalankan kursus intensif TOEFL dan IELTS gratis pada tanggal 18 Juli sampai dengan 5 Agustus 2016. Ada delapan puluh tiga peserta dengan latar belakang jenjang pendidikan S1 dan S2 yang berasal dari perguruan tinggi Universitas Gadjah Mada, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Politeknik ATK Yogyakarta, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, dan alumni dari STMKG Jakarta serta Politeknik Aceh. Beberapa peserta lain baru lulus SMA yang sudah diterima di Kampus ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), UPN (Universitas Pembangun Nasional “Veteran” Yogyakarta), UNS (Universitas Sebelas Maret), dan Universitas Padjadjaran.

Kursus tersebut yang dibagi menjadi lima kelas bertempat di Astra Seroja Jl. Ori 1 No. 4 Papringan Catur Tunggal Depok Sleman, Yogyakarta. Kelas pertama belajar TOEFL (05.20-06.40), kelas kedua TOEFL dan IELTS (06.40-08.10), kelas ketiga TOEFL (08.30-09.45), kelas keempat TOEFL dan IELTS (10.00-11.30), terakhir kelas kelima fokus belajar IELTS (16.00-17.30). Sekali-kali saya memberikan tambahan kelas setelah shalat Dhuhur dan Isya karena ada permintaan dari perserta. Sungguh di luar dugaan saya, bahwa yang ikut kursus bisa banyak, sampai-sampai saya dihubungi seorang TKW Indonesia yang berada di luar negeri agar anaknya bisa diikutkan dalam kegiatan ini, tapi berhubung keterbatasan tenaga dan tempat, karena saya hanya sendirian yang mengurus, maka saya hanya bisa mengadakan di satu tempat.

Pembelajaran dilakukan setiap hari dengan menggunakan buku Longman Complete Course For The TOEFL Test karya Deborah Phillips dan IELTS Cambridge Books for Cambridge Exam 8. Meskipun saya sendiri yang mengurus, dari mulai mengurus peserta, materi dan mengajar, alhamdulillah kursus berjalan dengan lancar meskipun pada minggu-minggu awal kursus suara saya hampir habis dan sempat pilek karena mungkin terlalu padat kegiatan. Cuma saya sangat senang menjalani kegiatan ini, disamping saya sendiri bisa mengajar bahasa Inggris dan berbagi pengalaman bagaimana proses mendapatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP (bagaimana menghadapi Wawancara, LGD dan membuat Esai), saya pun belajar dari para peserta tersebut.

Saya berharap bahwa setelah kegiatan usai, semua perserta yang ikut bisa menyebarkan ilmu yang didapat dalam program tersebut. Setidaknya, lewat menyampaikan ilmu yang baik, kemungkinan besar Tuhan akan membalasnya dengan pahala. Seperti firman Allah dalam kitab suci Alquran, bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat untuk orang lain dan lingkungannya. Umur manusia semakin hari semakin berkurang, saya pun membayangkan jika saya meninggal di usia yang sama dengan Nabi Muhammad, umur ke-63, maka setidaknya umur saya tinggal 34 tahun. Sehingga, saya pun mengajak pembaca di sini, di sisa umur yang pendek ini dan hidup sekali ini, kita dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan cara berbagi kepada orang lain. Hidup hanya sekali, mari hiduplah dengan penuh kebermanfaatan.

Kado Kenangan dari Kelompok Kelas Keempat
Berikut saya ucapkan terimakasih tak terhingga bagi peserta yang telah bergabung:
1
Adam Yunus
2
Ade Trias Safrudin
3
Adi Suseno
4
Afif Rizal
5
Agung
6
Ahmad Ali Adhim
7
Ahmad Ja'farul Musaddad
8
Ajeng Pratiwi
9
Alifuddin Haris Rahmatullah
10
Anzal Yomas Navian
11
Aprilia Widiya Ningrum
12
Arif Laksito
13
Arih Afra Inayah
14
Armeiko Tanaya Pradnya
15
Astri Budi Setiati
16
Aulia Rachma Fajria
17
Bayu Murti Wicaksono
18
Denden Herdiansyah
19
Devi Fitriana
20
Devi Nurtiayasari
21
Diah Setiani
22
Dini
23
Erwan Fahmi Baharudin
24
Fidiya
25
Firmanda Taufik
26
Fitra Nur Uswatun Khasanah
27
Fitri
28
Gian Handika
29
Gilang Perwira Adi
30
Haidar Ahmad Musyiarif
31
Herlina Wijayanti
32
Ine Wulandari
33
Ira Setianingrum
34
Isnaatul Latifah
35
Ittaka Aldini
36
Jaka Purnama
37
Kunny Izzah Indah Afkarina
38
Kurniyatul Uyun
39
Laili Robingatun
40
Latif Nur Kholifah
41
M Rabie
42
Maftukhatul Azizah
43
Mashudi
44
Mawaddatul Ashfa
45
Meryta Febria Fatimah
46
Miftah Yuliati
47
Moehamadie
48
Muhamad Farid Harismawan
49
Muhammad Danang Wijaya
50
Muhammad Hudalloh
51
Muhammad Mabrur Barizi
52
Muhammad Naufal Syafiq Nuruzzaman
53
Muhammad Rizka Nuzulul Rohmi
54
Najid Azma
55
Nikmah Mentari
56
Nila Asmila Sari
57
Nur Ulfi Afiarica
58
Radhiyah Mardiyah
59
Radiyah Tammardiyah
60
Rani Arina Sari
61
Rauf Wanda ANR
62
Rini Nur Utami
63
Ririn Nopiah
64
Satreo Teguh Prabowo
65
Satria Akbar
66
Shofiana Tauqiyah
67
Suryo Wibowo
68
Tarmudi
69
Taufiqurrahman
70
Tri Junita
71
Triarni Yuni Putri Utami
72
Ubaidillah
73
Ulfa
74
Umar
75
Wulan Daru Lestari
76
Wulan Sari Ningsih
77
Yanuar Dwi Satrio
78
Zainal Arifin
79
Zainul Fata
80
Zani
81
Zazan Arifiangko
82
Zulfa Amalia
83
Zulfi Alia Izzati

Komentar

Postingan Populer